Call/SMS: 0811 988 1511, propindonesia@yahoo.com

Saturday, October 16, 2010

Gubernur Ajak JICA Dukung Gerbang Emas

Fajar, 18-04-09.
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, meminta agar Japan International Cooperation Agency (JICA) mendukung program gerakan pembangunan (Gerbang) ekonomi masyarakat (Emas) yang dicanangkan pemprov.

"Kami berharap program JICA mendukung Gerbang Emas yang dapat meningkatkan potensi perkebunan dan pertanian. Kami menyiapkan bujet untuk mengarahkannya ke industri meskipun skala kecil," kata Syahrul saat menerima Kepala Kantor JICA Makassar, Nakagawa Kazuo, di Kantor Gubernur, 17 April 2009.


Dalam pertemuan teresbut juga terungkap bahwa pihak JICA kini mulai mengembangkan proyek infrastruktur di kawasan Mamminasata. Tiga kerja sama teknis menjadi program utama. JICA juga menegaskan, penghapusan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Makassar, kata dia, tidak memengaruhi bantuan dan investasi Jepang di Sulsel.

Menurut Nakagawa Kazuo, ketiganya berupa peningkatan layanan air minum, peningkatan kapasitas kelembagaan PDAM, dan pengolahan limbah padat di Mamminasata. "Itu hanya salah satu dari tujuh program utama JICA di Sulsel," katanya.

Program lain adalah di bidang pendidikan, kesehatan, dan surveilance flu burung di mana Sulsel menjadi percontohan nasional. JICA juga melakukan kerja sama dengan Fakultas Teknik Unhas yang berbasis laboratorium. Program lainnya yakni capacity development dan local industry yang dikembangkan mulai April ini.

Terkait penghapusan kantor konjen, kata Nakagawa, sama sekali tidak berpengaruh terhadap angka bantuan Jepang di Sulsel. Bantuan JICA untuk Sulsel dan kawasan Indonesia Timur yang dikelola field office Makassar sekira 20 persen dari total bantuan di Indonesia. (rif)

No comments:

Post a Comment