Call/SMS: 0811 988 1511, propindonesia@yahoo.com

Saturday, October 16, 2010

RingRoad Mamminasata Telah Dibangun

Jalan lingkar tengah atau middle ring road dalam Kota Makassar akhirnya mulai dibangun tahun ini. Pembangunan tahap awal hanya sepanjang 500 meter mulai dari arah Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan kampus STMIK Dipanegara.

Proyek middle ring road ini bagian dari pembangunan akses jalan Section B kawasan Mamminasata. Panjang jalan yang direncanakan terbangun sekira 7,3 kilometer mulai dari Jalan Perintis Kemerdekaan hingga ke Jalan Sultan Alauddin selebar 40 meter.


Penanggung Jawab Bina Teknik Dinas Bina Marga Sulsel, Andi Nurhaeda, mengatakan, proyek middle ring road awalnya telah disetujui sepanjang satu kilometer untuk tahap awal. "Tetapi belakangan hanya setengah kilometer dengan anggaran dari APBN sekitar Rp 5 miliar," ungkap Nurhaeda.

Proyek jalan lingkar tengah yang penyusunan detail engineering design (DED) dimulai sejak 2008 lalu itu kini dalam proses tender. Realisasi pembangunan fisik jalan yang menjadi tanggung jawab Departemen Pekerjaan Umum (DPU), kata Nurhaeda, diharapkan pada pertengahan tahun ini.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Preservasi dan Pembangunan Jalan Metropolitan Makassar Departemen Pekerjaan Umum (DPU), Oktavianus, mengatakan, pembangunan jalan middle ring road sepanjang satu kilometer terkendala pembebasan lahan.

Pembangunan jalan lingkar tengah ini sebenarnya bukan hanya dari arah Jalan Perintis Kemerdekaan, tetapi juga dari arah Jalan J Leimena, Antang. Namun, karena masih ada beberapa titik lahan masyarakat yang belum dibebaskan, sehingga ruas dari arah Jalan Leimena belum dapat dikerjakan.

"Akhirnya hanya disetujui 500 meter mulai dari arah depan STMIK Dipanegara. Sebenarnya jembatan juga akan dibangun sepanjang 130 meter yang melintasi Sungai Tello. Tapi karena jalan aksesnya belum ada, maka lebih dahulu jalan sepanjang 500 meter itu dibangun," kata Oktavianus, Rabu, 6 Januari.

Menurut Oktavianus, dari 7,3 kilometer panjang jalan middle ring road yang direncanakan terbangun dengan kontrak multiyears, baru sekitar 70 persen lahan yang telah dibebaskan. Pemerintah Kota Makassar maupun Pemprov Sulsel diharapkan segera menuntaskan masalah pembebasan lahan agar proyek jalan itu bisa segera berfungsi.

Kelak, jika jalan lingkar tengah rampung, kendaraan dari arah Kabupaten Gowa yang hendak ke Maros atau sebaliknya, tidak perlu lagi masuk ke pusat Kota Makassar. Kepadatan arus lalu lintas pusat kota pun dapat berkurang. (rif)
Fajar 07-01-2010

No comments:

Post a Comment