Call/SMS: 0811 988 1511, propindonesia@yahoo.com

Saturday, October 16, 2010

Jepang Bantu Air Bersih Mamminasata

PEMERINTAH Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) menyiapkan bantuan untuk pengelolaan air bersih di kawasan Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa), Takalar (Mamminasata).
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Selasa (13/7), mengatakan, JICA akan memberi bantuan hibah untuk membiayai survei dan design engineering detail (DED) masalah air bersih di kawasan Mamminasata, khususnya menekan tingkat kebocoran air bersih maupun memperluas jangkauan layanan.
"Mudah-mudahan bisa jalan semua lah. JICA menawarkan penanganan masalah khusus PDAM (perusahaan daerah air minum). Selama ini jangkauan air bersih masih 40 persen dengan tingkat kebocoran
60 persen," kata Agus.
Sesuai target, MDGs jangkauan air bersih di wilayah perkotaan seharusnya sudah mencapai 60 persen. Mantan Ketua DPRD Sulsel ini memimpin pertemuan terkait rencana tersebut di kantor Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar. Namun, Agus belum memastikan berapa besar anggaran yang bakal disiapkan JICA.
Kepala Distarkim Sulsel Syarief Burhanuddin menjelaskan JICA bersama pemprov akan membuat perencanaan awal. Sesuai, master plan Makassar, ke depan air bersih yang berasal dari DAM Bili-bili yang memiliki kapasitas terpasang hingga 2.300 kubik tidak hanya akan melayani Kota Makassar.(axa)
Tribun Timur, 14-07-2010

No comments:

Post a Comment