Call/SMS: 0811 988 1511, propindonesia@yahoo.com

Saturday, October 16, 2010

Kawasan Mamminasata akan Contoh Tata Kota Jepang

TRIBUN-TIMUR.COM - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang mengatakan, pembangunan kawasan kota metropolitan Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar akan mencontoh tata kota di Jepang.
"Kita bisa mengambil pelajaran, tidak selamanya kota berorientasi pembangunan fisik," ujarnya di Makassar, Selasa. Pelajaran berharga tersebut diambilnya setelah selama kurang lebih dua pekan, ia memenuhi undangan Pemerintah Jepang sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Kota Metropolitan Mamminasata.

    
Ia mengatakan, kegiatan pelatihan tata kota tersebut diselenggarakan dan dibiayai oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) antara lain untuk melihat secara langsung bagaimana kota-kota di Jepang ditata dan dibangun.
    
Wagub mengaku, sangat terkesan oleh satu kota di Jepang bernama Kamakura yang dikelilingi oleh gunung dan hutannya sangat terpelihara. "Sebanyak 36 persen dari kota tersebut adalah hutan. Bahkan, pemerintah kotanya di sana  berencana meningkatkan luasan hutan menjadi 50 persen," jelasnya.
    
Menariknya, kata dia, penduduk asli kota tersebut hanya 176 ribu orang. Namun, pelancong yang datang ke kota tersebut setiap tahunnya mencapai lebih dari 18 juta orang.  "Di sana satu kepala keluarga melayani 100 turis,"ujarnya.
    
Menurutnya, kabupaten dan kota di Sulsel dapat mengambil contoh bahwa ruang terbuka hijau yang dimiliki harus terus dipelihara. "Paling tidak menjadi contoh untuk membangun sebuah kawasan." ujarnya.
    
Kota lainnya yang dapat dijadikan pelajaran cara penataan kotanya adalah kota yang dijadikan lokasi kawasan pabrik baja dan galangan kapal.
   
Menurutnya, penataan kawasan tersebut sangat baik karena warga yang sebelumnya tinggal di kawasan tersebut dipindahkan.
    
"Warganya dipindahkan dan tidak ada yang dirugikan. Memang butuh waktu lama sekitar 30 tahun karena lahan yang digunakan untuk membangun adalah tanah masyarakat dan harus dibicarakan dengan baik, kalau di sini seperti lahan pembangunan Center Point of Indonesia," katanya.(*)
Tribun Timur, 05-10-2010

No comments:

Post a Comment